Book & Movie Review : The Fault in our Stars

Bagi penggemar berat novel2nya John Green, pasti udah nunggu kehadiran film ini, atau malah abis baca buku itu langsung ngarep ini novel mesti dibikin filmnya. Novel dengan judul yang sama ini emang termasuk paling laris di kalangan remaja dan punya loyal fans yang bisa dibilang ada di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Gue pun sebagai pembaca karya2nya John Green, awalnya gak berharap novel ini bakal diangkat jadi film, cukup kelar dengan baca novelnya dan bermellow2 ria dengan endingnya doang 😂. Tapi yah mumpung filmnya udah kepalang dibuat, gak ada salahnya buat ditonton juga kan? Hehe.

Hazel Grace Lancaster (Shailene Woodley) harus mendapat tambahan suplai oksigen kemanapun dia pergi karena paru-parunya tidak bisa berfungsi maksimal akibat penyebaran kanker tiroid stadium akhir yang dia derita.

Augustus Waters (Ansel Elgort) seorang atlet basket, kehilangan satu kakinya karena osteosarcoma.

Keduanya bertemu dan saling jatuh cinta.

Itu premis utamanya, film dan bukunya banyak mengeksplor soal proses pendekatan mereka yang gak mudah, mainly karena ancaman kanker yang bisa muncul kembali kapan saja, dan rentang umur yang terasa seperti menghitung hari.

Manis-manis pahit. Dijamin bikin mewek, deh. Rating dari gue 10 dari 10 untuk novel dan filmnya 😆, karena mulai dari gaya bercerita sampe plot dan alur, semuanya menggambarkan kenyataan pahit yang harus diterima penderita kanker remaja, tapi di saat yang sama dibawakan dengan cara yang cocwit dan gak memupuskan harapan. Manis dan dreamy tapi tetap menjejak pada kenyataan 😀. Terus kata2 di buku dan filmnya banyak yang quotable. Me likey!

Aktingnya Shailene sama Ansel juga bagus banget. Ansel itu menurut gua ga ganteng ya, tapi di filmnya itu dia memerankan Augustus dengan manis dan rasanya pas banget.

—MULAI DARI SINI SPOILER ALERT—

Gua gak akan kasih tau ceritanya secara lengkap karena sayang banget kalau ga nonton/baca sendiri, seriusan, deh. Di sini, gue mau share quote dan potongan dialog yang gue rasa sangat mengena.

Yang pertama, kata2 Peter Van Houten (penulis favorit Hazel) waktu Hazel dan Augustus datang ke dia untuk bertanya apa yang terjadi setelah novel Imperial Affliction tamat. Diceritakan di novel karangan Van Houten tersebut, pemeran utamanya, Anna, meninggal karena kanker, tapi gak diberitahu apa yang terjadi dengan tokoh2 lainnya. Hazel ingin tahu bagaimana ibu Anna, dan orang2 di sekitar Anna menjalani hidup setelah Anna tiada. Tapi, Peter ternyata gak menyambut keinginan Hazel itu dengan baik.

peter-van-houten-fault-movie.jpg

Peter Van Houten

Van Houten : I refuse to pity you in the way in the manner in which you’re accustomed.

Hazel : I don’t want your pity.

Van Houten : Of course you do. Like all sick kids, your existence depends on it. You are fated to live out your days as the child you were when diagnosed, the child who believes there is a life after a novel ends. And we as adults, we pity this, so we pay for your treatments, your oxygen machines. You are a side effect to an evolutionary process that cares little for individual lives. You are a failed experiment in mutation!

Kata2nya Van Houten jahat dan sangat gak pantes diucapkan di depan penderita kanker kayak Hazel, tapi gue ga bisa lupa.

Yang kedua, surat yang ditinggalkan Augustus untuk Hazel setelah dia (tanpa disangka2) meninggal duluan karena penyebaran sel kanker. Lumayan bikin mewek karena selama film itu digambarkan betapa yang paling takut mati duluan dan menyakiti orang yang dia cintai itu Hazel, makanya beberapa kali dia menghindar dari Augustus. Berkali2 dia ngomong kalau dia itu bom waktu, dia bisa mati kapan aja dan bikin keluarga serta Augustus sedih. Tapi film ini ngajarin bahwa nasib gak ada yang bisa nebak, Augustus-lah yang pergi duluan dan Hazel-lah yang harus patah hati karena ditinggalkan. Sebelum berpulang, Augustus nitipin surat terakhirnya untuk Hazel lewat Van Houten. Panjang, tapi gue gak tega motongnya. Bagus banget soalnya.

Van Houten,

I’m a good person but a shitty writer. You’re a shitty person but a good writer. We’d make a good team. I don’t want to ask you any favors, but if you have time – and from what I saw, you have plenty – I was wondering if you could write a eulogy for Hazel. I’ve got notes and everything, but if you could just make it into a coherent whole or whatever? Or even just tell me what I should say differently.

Here’s the thing about Hazel: Almost everyone is obsessed with leaving a mark upon the world. Bequeathing a legacy. Outlasting death. We all want to be remembered. I do, too. That’s what bothers me most, is being another unremembered casualty in the ancient and inglorious war against disease.

I want to leave a mark.

But Van Houten: The marks humans leave are too often scars. You build a hideous minimall or start a coup or try to become a rock star and you think, “They’ll remember me now,” but (a) they don’t remember you, and (b) all you leave behind are more scars. Your coup becomes a dictatorship. Your minimall becomes a lesion.

(Okay, maybe I’m not such a shitty writer. But I can’t pull my ideas together, Van Houten. My thoughts are stars I can’t fathom into constellations.)

We are like a bunch of dogs squirting on fire hydrants. We poison the groundwater with our toxic piss, marking everything MINE in a ridiculous attempt to survive our deaths. I can’t stop pissing on fire hydrants. I know it’s silly and useless – epically useless in my current state – but I am an animal like any other.

Hazel is different. She walks lightly, old man. She walks lightly upon the earth. Hazel knows the truth: We’re as likely to hurt the universe as we are to help it, and we’re not likely to do either.

People will say it’s sad that she leaves a lesser scar, that fewer remember her, that she was loved deeply but not widely. But it’s not sad, Van Houten. It’s triumphant. It’s heroic. Isn’t that the real heroism? Like the doctors say: First, do no harm.

The real heroes anyway aren’t the people doing things; the real heroes are the people NOTICING things, paying attention. The guy who invented the smallpox vaccine didn’t actually invented anything. He just noticed that people with cowpox didn’t get smallpox.

After my PET scan lit up, I snuck into the ICU and saw her while she was unconscious. I just walked in behind a nurse with a badge and I got to sit next to her for like ten minutes before I got caught. I really thought she was going to die, too. It was brutal: the incessant mechanized haranguing of intensive care. She had this dark cancer water dripping out of her chest. Eyes closed. Intubated. But her hand was still her hand, still warm and the nails painted this almost black dark blue and I just held her hand and tried to imagine the world without us and for about one second I was a good enough person to hope she died so she would never know that I was going, too. But then I wanted more time so we could fall in love. I got my wish, I suppose. I left my scar.

A nurse guy came in and told me I had to leave, that visitors weren’t allowed, and I asked if she was doing okay, and the guy said, “She’s still taking on water.” A desert blessing, an ocean curse.

What else? She is so beautiful. You don’t get tired of looking at her. You never worry if she is smarter than you: You know she is. She is funny without ever being mean. I love her. I am so lucky to love her, Van Houten. You don’t get to choose if you get hurt in this world, old man, but you do have some say in who hurts you. I like my choices. I hope she likes hers.

Hal utama yang paling gue suka adalah, novel ini gak memberikan janji2 palsu. Hazel dan Augustus ga pernah bikin janji2 gombal macam : “Gue akan nunggu lo di alam sana.”, “Gue ga akan pacaran lagi ama siapa2 setelah lo meninggal.”, “Gue ga akan biarkan lo mati.” dan semacamnya. Mereka tahu batas, mereka tetap menjejak kenyataan, tapi gak memupuskan harapan. Mereka saling dukung untuk mencoba menghadapi apa yang harus mereka hadapi detik ini dan hari ini.

Hidup belum tentu sepanjang yang kita duga, makanya kita gak boleh terus menunda2. Belum juga sependek yang kita kira, makanya kita gak boleh putus asa. Belajarlah dari Hazel dan Augustus.

tumblr_n6u06sc2711rgypnlo1_500

“Okay, Hazel?” – “Okay”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s